SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA TERIMAKASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI

Senin, 23 Mei 2011

cara memelihara mencit (mus musculus)

Mencit adalah salah satu hewan coba dalam dunai sains. Dalam dunia sains mencit atau tikus digunakan sebagai hewan coba karena sruktur anatomi mencit hampir sama dengan sruktur tubuh manusia. Dan alasan yang kedua mencit digunakan dalam percobaan sains karena mencit dalam perkembang biakannya sangat cepat. Sehingga mudah didapatkan. dalam percobaan kemudian yang menjadi pertimbangan lagi adalah mencit bukan termasuk hewan yang dilindungi. Mencit termasuk hewan yang mudah dalam perawatannya. Sehigga banyak sekali para peniliti atau pun praktikan yang dalam penelitianyan maupun praktikumnya menggunakan mencit sebagai hewan coba setelah mereka menemukan suatu penemuan terbaru.
Dalam perawatan mencit alat dan bahan yang digunakan sangatlah sederhana antara lain;
1. bak plastik dan kawat jaring sebagai kandangnya
2. botol air sebagai tempat untuk menaruh air minumnya
3. wadah plastik sebagai tempat untuk menatuh bahan makanannya
Sedangkan bahan-bahan yang dibutuh kan untuk merawat mencit hanyalah
1. mencit mus musculus
2. serbuk kayu
3. palet (makanan)
cara pemeliharaan mencit
Pertama kita buat kandangnya terlebih dahulu yaitu dengan mengisi bak plastik dengan serbuk kayu kemudian kita tutup dengan kawat jaring seukuran bak yang kita buat kandang kemudian bak kita isi dengan mencit setelah itu kita beri pemberat diatas bak yang telah diisi dengan tikus dan serbuk kayu dan sudah di tutup dengan kawat jaring.
Untuk kesehariannya kita hanya perlu mengganti serbuk kayunya jika keadaannya sudah basah dan memberi makan setiap harinya 10% dari berat badan mencit itu sendiri dan jika kita menggunakan palet sebagai makanannya maka kita perlu membuat palet itu seperti bola kecil dengan menambahkan sedikit air karena mencit termasuk hewan pengerat sehigga kalau kita biarkan seperti palet pada umumnya maka mencit akan kesulitan untuk memakannya .
Mencit termasuk hewan kanibal yaitu hewan yang suka makan temannya sendiri sehingga ketika mencit betina melahirkan maka mencit jantan harus di pisah dengan anak-anaknya. Mencit atau tikus merupakan salah satu hewan yang berbahaya ketika tidak di awasi pola makannya. Maka dari itu biasanya mencit atau tikus ketika di rumah-rumah maka akan berbahaya karenapola makanya tidak terkontrol. mencit marupakan hewan pemakan segala atau dalam dunia biologi disebut omnifora sehingga ketika cara makannya tidak di awasi maka tikus atau mencit dapat berperan sebagai hewan perantara penyakit yang ditimbulkan oleh virus maupun bakteri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar